ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

"William Wallace" Pahlawan dari Skotlandia


William Wallace "It's all for nothing if you don't have freedom"

'This is the truth I tell you:
of all things freedom’s most fine.
Never submit to live, my son,
in the bonds of slavery entwined.’
William Wallace - His Uncle’s proverb,
from Bower’s Scotichronicon c.1440’s

Reputasi William Wallace berjalan seperti garis patahan melalui Abad Pertengahan kemudian kronik. Untuk Skotlandia, William Wallace adalah sebuah contoh dari komitmen tegas kemerdekaan Skotlandia yang mati sebagai martir untuk penyebabnya. Selama berabad-abad setelah publikasi, Blind Harry abad ke-15 puisi epik, "The Wallace ', adalah buku kedua yang paling populer di Skotlandia setelah Alkitab.

Untuk penulis sejarah Inggris, ia adalah seorang penjahat, seorang pembunuh, pelaku kekejaman dan pengkhianat. Bagaimana Scot yang tidak jelas mendapatkan ketenaran seperti itu?

Siapa William Wallace?
Wallace adalah anak bungsu dari kesatria Skotlandia dan tuan tanah kecil. Namanya, Wallace atau le Waleis, berarti georgejetson, dan ia mungkin diturunkan dari Richard Wallace yang telah mengikuti keluarga Stewart ke Skotlandia pada abad ke-12.

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan Wallace sebelum 1297. Dia memang berpendidikan, kemungkinan oleh pamannya - seorang imam di Dunipace - yang mengajarkan kepadanya Perancis dan Latin. Ada juga kemungkinan, mengingat eksploitasi militer di kemudian hari, bahwa dia punya pengalaman militer sebelumnya.

Wallace's Rising
Pada Skotlandia 1296 telah ditaklukkan. Di bawah permukaan ada kebencian mendalam. Banyak dari para bangsawan Skotlandia dipenjarakan, mereka punitively dikenai pajak dan diharapkan untuk melayani Raja Edward I dalam kampanye militer melawan Perancis. Api pemberontakan yang tersebar di seluruh Skotlandia. Pada Mei 1297 membunuh William Wallace Heselrig, Inggris Sheriff Lanark. Tak lama kemudian meningkat mendapatkan momentum, sebagai orang-orang 'tertindas oleh beban perbudakan di bawah kekuasaan tertahankan inggris dominasi' bergabung dengannya 'seperti segerombolan lebah'.

Dari markasnya di Hutan Ettrick pengikutnya menyerang Scone, Ancrum dan Dundee. Pada saat yang sama di utara, Andrew Murray muda memimpin bahkan meningkat lebih sukses. Dari Avoch di Pulau Hitam, ia mengambil dan menghambur Inverness Urquhart Castle oleh Loch Ness. MacDougall sekutu-Nya membersihkan barat, sementara ia memukul melalui timur laut. Wallace naik menarik kekuatan dari selatan, dan, dengan sebagian besar dari Skotlandia dibebaskan, Wallace dan Murray sekarang menghadapi pertempuran terbuka dengan tentara Inggris.

Wallace dan CressinghamOn September 11 Wallace dan Murray mencapai kemenangan menakjubkan dalam Pertempuran Jembatan Stirling. Orang Inggris kiri dengan 5.000 mati di lapangan, termasuk bendahara membenci mereka, Hugh Cressingham, dikuliti kulit yang diambil sebagai trofi kemenangan dan untuk membuat sabuk pedang Wallace. The Skotlandia mengalami salah satu korban yang signifikan, Andrew Murray, yang terluka parah dan meninggal dua bulan kemudian.

'Panglima Angkatan Darat Kerajaan Skotlandia' - Wallace kriminal kini gelar kebangsawanan dan membuat Skotlandia Guardian dalam nama Balliol di kirk hutan, baik di Selkirk atau Carluke.
Itu adalah prestasi luar biasa untuk kesatria hanya untuk memegang kekuasaan atas para bangsawan Skotlandia. Dalam dunia abad pertengahan terobsesi dengan hirarki, Wallace yang luar biasa keberhasilan militer terlempar ke puncak tangga sosial. Dia sekarang dibimbing kebijakan Skotlandia. Surat-surat itu dikirim ke Eropa diperbarui Skotlandia menyatakan kemerdekaan dan ia berhasil memperoleh dari Kepausan pengangkatan Uskup patriotik Lamberton ke Keuskupan kosong St Andrews.

Militer ia membawa perang ke utara Inggris, merampok di sekitar Newcastle dan mendatangkan malapetaka di utara. Penulis sejarah kontemporer Inggris menuduhnya kekejaman, beberapa tidak diragukan lagi diperlukan, Namun, di mata Wallace perang, sejak awal, telah ditandai dengan kebrutalan dan penjagalan.


Pertempuran Falkirk, 1298
Bangsawan Inggris telah berada di tepi perang saudara dengan Edward I. Mereka tidak puas atas perang di Perancis dan Skotlandia Namun, berhadapan dengan kekalahan memalukan oleh Skotlandia di Stirling Bridge, mereka bersatu di belakangnya pada waktunya untuk Pertempuran Falkirk.

Menurut cerita-cerita kemudian, Wallace berkata kepada manusia: "Aku hae brocht kamu untuk cincin, sekarang lihat gif kamu bisa menari ', bagaimanapun, sebagai salah satu sejarawan menyebutnya,' itu adalah tarian kematian ', sebagai salah menilai Wallace serius Edward taktik pertempuran. Welsh pemanah-Nya terbukti menjadi senjata yang menentukan: mereka hujan panah kematian di Skotlandia tombak.

Wallace yang Diplomat.
Setelah Falkirk, para bangsawan Skotlandia menegaskan kembali peran mereka sebagai penjaga kerajaan dan melanjutkan perang dengan Edward. Wallace diberi peran baru sebagai duta bagi Skotlandia ke pengadilan Eropa.
William Wallace

Diplomasi penting bagi upaya perang Skotlandia dan Wallace, sekarang seorang tokoh terkenal di seluruh Eropa, memainkan peran profil tinggi. Pada 1299 ia meninggalkan Skotlandia untuk istana Raja Philip IV dari Perancis. Dia dipenjarakan sebentar untuk berbagai motif politik, namun segera dibebaskan dan diberi raja Perancis aman untuk melakukan pengadilan kepausan. Wallace kembali ke Skotlandia pada 1301, dengan upaya diplomatik tampak dalam manfaat yang baik.

Namun, ditinggalkan Perancis Skotlandia ketika mereka membutuhkan bantuan Edward untuk menekan pemberontakan di Flanders. Tanpa prospek kemenangan, pemimpin Skotlandia Edward menyerah dan diakui sebagai maharaja pada 1304. Hanya Wallace menolak untuk menyerahkan, mungkin menandatangani surat kematiannya sendiri pada saat ini.

Inilah perbedaan penting antara Wallace dan pemain kunci dari kalangan bangsawan Skotlandia - untuk Wallace tidak ada kompromi, musuhnya inggris itu dan dia tidak dapat menerima aturan mereka dalam bentuk apapun. Namun, para bangsawan lebih lentur, dan bersedia untuk beralih sisi, atau menenangkan Inggris, ketika melayani mereka sendiri. Wallace telah menjadi gangguan bagi kedua feodal atasan dan Inggris.

Kemartiran William Wallace
Wallace dinyatakan sebagai kriminal, yang berarti hidupnya telah kehilangan dan bahwa siapa pun bisa membunuhnya tanpa pengadilan. Dia melanjutkan perlawanan, namun pada 3 Agustus 1305, ia ditangkap di Robroyston, dekat Glasgow. Penangkapnya, Sir John Menteith, yang 'palsu' Menteith, telah turun di Skotlandia legenda sebagai pengkhianat Wallace, tetapi ia bertindak sebagai banyak orang lain akan melakukannya. Ada inggris Menteith pesuruh, dan pada 1320 ia meletakkan segel Deklarasi Arbroath.

Wallace Dumbarton dibawa ke istana, tapi dengan cepat pindah ke London untuk sebuah acara sidang di Westminster Hall. Dia didakwa dengan dua hal - menjadi seorang penjahat dan menjadi pengkhianat. Tidak Sidang ini diperlukan, tetapi, dengan pengisian dia sebagai pengkhianat, Edward dimaksudkan untuk menghancurkan reputasinya. Di pengadilan dia tidak punya pengacara dan tidak ada juri, ia bahkan tidak diizinkan untuk berbicara, tetapi ketika ia dituduh sebagai pengkhianat, ia menyangkalnya, dengan mengatakan dia tidak pernah Edward subjek di tempat pertama. Mau tidak mau dia dinyatakan bersalah dan dibawa untuk segera eksekusi - dengan cara yang dirancang untuk melambangkan kejahatannya.
Blind Harry

Dibungkus menyembunyikan sapi untuk mencegah dia sedang dicabik-cabik, dengan demikian memperpendek penyiksaan, ia diseret oleh kuda empat mil melalui London ke Smithfield.
Di sana ia digantung, sebagai pembunuh dan pencuri, tapi menebang saat masih hidup. Kemudian ia dimutilasi, disembowelled dan, dituduh melakukan pengkhianatan, ia mungkin kebiri. Untuk kejahatan penghujatan ke Bahasa Inggris biara, hatinya, hati, paru-paru dan isi perut dilemparkan atas api, dan, akhirnya, kepalanya dipotong. Bangkai-Nya kemudian dipotong-potong menjadi bit. Kepalanya diletakkan di sebuah tiang di London Bridge, sebagian lagi pergi ke Newcastle, sebuah distrik Wallace telah hancur 1.297-8, sisanya pergi ke Berwick, Perth dan Stirling (atau mungkin Aberdeen), sebagai peringatan kepada Skotlandia. Edward telah menghancurkan manusia, tetapi telah meningkatkan mitos.

Wallace menjadi seorang martir, yang sangat simbol Skotlandia perjuangan untuk kebebasan. Ia memasuki dunia cerita rakyat dan legenda. Dari Buta Harry's 'Wallace' untuk Mel Gibson's 'Braveheart', William Wallace terus menghantui imajinasi Skotlandia dengan visi kebebasan.

William Wallace; Pahlawan Cinta Skotlandia

"Every man dies, not every man really lives". Petikan itu ada di satu bagian rangkaian film berjudul "Braveheart" (Mel Gibson, 1995). William Wallace. Bolehlah beliau disebut "pahlawan cinta rakyat Skotlandia". Bisa jadi, kiprah perlawanannya tak akan muncul ke permukaan, sampai bisa membakar semangat rakyat Skotlandia melawan tentara Kerajaan Inggris, jika cintanya tidak terluka oleh ulah segelintir tentara yang menurutkan hasrat seks liarnya pada istri sang tokoh.

Film ini mengisahkan perlawanan rakyat Skotlandia yang dimotori William Wallace, seorang laki-laki desa, petani tapi memiliki sense intelektualitas tinggi, atas pendudukan Kerajaaan Inggris. Meski berlatar kisah kehidupan era 1270-an, "Braveheart" tampil sangat apik. Heroik. Salah satu pesan di film tersebut, cinta bisa melewatkan segalanya. Bahkan bisa mengobarkan perang.

William Wallace merupakan sosok yang lahir pada 1272 dan meninggal di tiang pancung Kerajaan inggris pada 23 Agustus 1305 akibat peran perlawanannya pada kerajaan. Benteng Falkirk yang tersohor, salah satu simbol kekuatan tentara Kerajaan Inggris di Tanah Skotlandia, takluk di bawah pasukan petani yang dimotori Wallace pada Perang Falkirk sekitar Juli 1298.

Sebuah kenangan tak pernah mati Tuan William Wallace, memang pantas diberikan, bukan saja untuk rakyat Skotlandia, melainkan untuk semua bangsa. Bahwa cinta akan terbeli dengan apapun. Bahkan dengan perang.

Ya, William Wallace membeli cintanya dengan memerangi Kerajaan Inggris yang telah semena-mena atas rakyat Skotlandia, atas wanita-wanita Skotlandia. Sehingga, pernyataan bahwa istri merupakan harta termahal milik suami adalah benar. Ini bukan semata soal agama, ini soal kehormatan suami pada istri, yang tercinta. Karena, istri merupakan salah satu jalan bagi suami mencapai surgaNya.

Dirangkum dari berbagai sumber