ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

Asal kata Typhoon (Topan)

Tentunya kita sering mendengar kata angin topan (Typhoon), tapi dari mana sih sebenernya kata "Typhoon" ini berasal?

Menurut sejarah mitologisnya, Typhoon ini berasal dari kata "Typhon",
yaitu salah satu anaknya Gaia (Bumi) dan Uranus (Langit).

Gaia dan Uranus sendiri memiliki beberapa anak yang diantaranya para Titan, Gigantes, Cyclops, Hecatonchires, Typhon, dan lainnya.

Konon, yang bentuknya normal cuma para Titan, yang salah satunya adalah ayah dari Zeus yaitu Kronos, dan karena yang lainnya bentuknya kaya monster, hampir semuanya dipenjara di Tartarus oleh Uranus. (Ini nanti ane bahas di thread lain yang salah satunya merupakan cerita awal dari Clash of the Titans).


Gambar sesuai ilustrasi marvel comics.

Menurut mitosnya, Typhon adalah monster mitologi Yunani terbesar dan terkuat, tingginya mencapai langit dan kedua tangannya menyentuh timur dan barat, seluruh tubuhnya dipenuhi sayap, dengan lidah hitam, dan mata berapi-api.

Typhon dilemparkan ke Hades tingkat terbawah (Tartarus) oleh Uranus karena bentuknya yang mengerikan, dan dikeluarkan kembali oleh Kronos sebagai senjata terakhir
ketika para Titan terdesak saat melawan Zeus dan Dewa Olimpus lainnya.

Saat Typhon muncul, semua dewa lainnya lari terbirit-birit karena bentuk dan keganasannya, kecuali Zeus dengan petir legendarisnya. Dan dengan satu serangan petir terakhir, Zeus mendesak para Titan dan Typhon ke Tartarus.

Konon, hingga saat ini, Typhon masih terperangkap di Gunung Etna (pintu masuk Tartarus) dan merupakan penyebab letusan-letusan vulkanis dari gunung tersebut, dan kedahsyatan Typhon juga diyakini sebagai penyebab angin topan dan badai di dunia, dan oleh karenanya terciptalah kata "Typhoon" atau "Topan".

-----------------------
Sekian dulu untuk thread edukasi kali ini.
Nantikan lagi thread edu lainnya yang membahas seputar dunia mitos Yunani dan lainnya bersama Jams

Semuanya bukan copy paste semata, merupakan diketik dan dirangkum dari berbagai sumber termasuk BBC, AETN, dan Wikipedia.


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4011951