ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

Misteri Batu-batu Aneh yang Bisa Bergerak Sendiri

sailing-stones-6 Ada pasti sangat takjub dengan kejadian ini. Batu aneh yang bisa bergerak sendiri. Percaya gak? Silahkan disimak sendiri.

Ini adalah salah satu misteri besar bahwa batu yang beratnya kurang lebih sama dengan berat satu orang dewasa dapat bergerak sendiri. Hal ini telah menjadi teka-teki yang cukup lama selama beberapa dekade. Yang misterius dari batu-batu ini adalah dapat berpindah tempat dengan cara bergeser dan membentuk garis lurus dan oval.


Batu-batu tersebut berada di lembah kematian (tempat yang tidak pernah ditempati oleh manusia) yang dipenuhi dengan tanah berlumpur, yang menjadi retak selama musim panas dan menjadi beku selama musim dingin. Banyak ahli geologi telah menelitinya dan hasilnya pun bervariasi.


Beberapa geolog berkesimpulan bahwa batu-batu misterius tersebut bergerak karena tiupan angin ketika tanah berlumpur dan basah atau di saat tanah sedang dalam kondisi membeku saat musim dingin. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar karena batu-batu bergerak selama musim panas saat suhu sangat tinggi dan bahkan sangat kering. Batu-batu tersebut tidak hanya bergerak ditanah yang halus namun juga dapat bergerak di tanah yang sangat tandus. Hal itu terbukti dari bekas goresan pada tanah tempat batu-batu itu bergerak.


Pergerakan dari batu-batu aneh ini juga bermacam-macam, ada yang bergerak lurus, oval, bergelombang (meliuk-liuk) dan lain sebagainya. Sampai saat ini tidak seorangpun yang pernah melihat batu-batu itu bergerak dan tidak ada yang tahu berapa kecepatannya.


sumber : http://www.duniapustaka.org/2010/06/batu-batu-aneh-yang-bisa-bergerak.html