ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

Patung Diktator Stalin Dipindahkan ke Museum

Patung Diktator Stalin Dipindahkan ke MuseumPatung Stalin Diangkat oleh sejumlah pekerja di lapangan tengah kota Gori, Gerogia/ Foto: Reuters (Nino Chibchiuri)

PIHAK BERWENANG di Georgia telah memindahkan patung diktator Uni Soviet Joseph Stalin yang berdiri di alun-alun kampung halamannya, Gori, ke museum.


Patung terbuat dari perunggu setinggi enam meter itu dipindahkan secara diam-diam di tengah malam.


Menurut Lado Bichashvili, seorang jurnalis televisi lokal Trialeti, “Pemindahan itu sangat mendadak,” seperti dikutip dari Reuters. “Saya pikir banyak orang akan sangat marah.”


Selanjutnya, patung yang berdiri sejak 1950 itu disimpan dalam musem di Gori sebagai dedikasi terhadap Stalin, kata kepala dewan kota, Zviad Khmaladze.


Posisi patung Stalin akan diganti dengan sebuah monumen korban perang Gerogia 2008 dengan Rusia.


Seorang jurnalis mengatakan kepada kantor berita Reuters, polisi mencoba mencegah para wartawan mengambil gambar pemindahan patung tersebut.


“Sebuah monumen didedikasikan kepada korban agresi rusia akan segera berdiri di lapangan tengah,” kata Khmaladze.


Berdasarkan sejarah singkatnya, Gori dibombardir oleh pasukan Rusia dalam konflik singkat antara Rusia dan Georgia tahun 2008.


Warga Gori masih memuja Stalin dan sebelum diturunkan patung Stalin tersebut merupakan satu dari beberapa patung peninggalan Uni Soviet yang masih berdiri di Georgia. Setelah Georgia merdeka tahun 1991, massa merubuhkan patung Stalin dan Lenin di berbagai tempat namun ratusan orang di Gori melindungi patung Stalin, yang berdiri sejak awal 1950-an.


Stalin lahir di Gori pada tanggal 18 Desember 1878 dan sempat bersekolah di seminari Ortodoks Georgia namun dikeluarkan karena dia tidak ikut ujian akhir.



SOURCE