ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

Gempa 5,8 SR Kembali Guncang Meulaboh

Gempa berkekuatan 5,8 pada Skala Richter (SR) kembali menggucang Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (11/5) sekitar pukul 19.17 WIB.

Menurut data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa berada di 3.33 Lintang Utara (LU) dan 95.57 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 26 kilometer.

Pusat gempa berada pada 108 km Barat Daya Meulaboh, 128 km Barat Laut Sinabang (Simeulue), 147 km Barat Daya Blangpidie (Abdya), 158 km Barat Daya Labuhan Haji (Aceh Selatan) dan 1.636 km Barat Laut Jakarta.

Tidak Berpotensi Tsunami

Meski kedalaman gempa 26 km di bawah permukaan laut, namun pihak BMKG menyatakan tidak berpotensi terjadinya gelombang tsunami.

Di Kota Banda Aceh, gempa juga dirasakan warga setempat yang baru saja usai melaksanakan ibadah shalat Magrib. Namun, tidak ada kepanikan yang ditimbulkan karena guncangan gempa tak terlalu kuat dan tidak berlangsung lama.

"Saya baru saja usai shalat Magrib, merasakan ada goyangan tapi tidak terlalu lama hanya sekitar satu menit," ujar Surya, seorang warga yang langsung ke luar dari dalam rumahnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa maupun informasi kerusakan akibat gempa tersebut. Namun, warga masih tetap waspada akan terjadi lagi gempa susulan.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 7,2 pada Skala Richter juga mengguncang Meulaboh pada Minggu (9/5). Guncangan gempa itu juga dirasakan di sebagian Sumatera Utara dan Nias.

Pusat Vulkanologi dan Bencana Geologi mengingatkan warga agar tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan setelah gempa berkekuatan 7,2 SR, Minggu (9/5) siang.

"Gempa susulan akan terjadi untuk menstabilkan lempeng, paling tidak kekuatannya sekitar 5 SR, warga harus tetap waspada dan jangan panik," kata Kepala PVMBG, Surono.

Dijelaskan, gempa tektonik yang terjadi Minggu lalu akibat penujaman antara Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Eurasia hingga untuk menstabilkan kembali pertemuan lempeng tersebut akan berlangsung gempa susulan.

Dikatakan, kekuatan gempa sebesar 7,2 SR itu terhitung besar akibat penujaman lempeng di wilayah barat Sumatera tersebut yang berlangsung cepat. (mhd/irn)

sumber : http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=54594:gempa-58-sr-kembali-guncang-meulaboh&catid=42:nad&Itemid=112