ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

Baldwin Street, Jalan Termiring di Dunia



Baldwin Street, di kota Dunedin, Selandia Baru, terkenal sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan ini terletak di suburb North East Valley, 3,5 kilometer timur laut dari pusat kota Dunedin. Panjangnya 350 meter, bagian dasarnya tidak terlalu curam, dan permukaannya dari aspal, tapi bagian atas jalan buntu ini sangat curam dan terbuat dari beton. Kecuraman maksimumnya adalah sekitar 1:2,86 (19° atau 35%) - artinya untuk setiap 2,86 meter horizontal, naik 1 meter.








Asal Mula

Kecuraman Baldwin Street terjadi secara tidak sengaja. Seperti halnya banyak jalan lain di Dunedin, dan di Selandia Baru secara umum, jalan-jalan direncanakan dalam bentuk jaring tanpa memperhatikan terrain, biasanya oleh perancang di London. Dalam kasus Baldwin Street (dan Dunedin), tata letaknya dirancang oleh Charles Kettle pada akhir abad ke-19. Jalan ini dinamai menurut William Baldwin, seorang Provincial Councillor dan pendiri surat kabar Otago.

Walaupun jalan buntu, Baldwin Street terhubung di atas dengan jalan ke Calder Ave dan Arnold Street. Jalan-jalan yang paralel dengan Baldwin semuanya juga curam: Arnold St (1:3,6), Dalmeny (1:3,7), and Calder Ave (1:5,4)


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4119489