ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

Fenomena Gerhana Venus

Gerhana Venus : Fenomena Gerhana Venus 16 Mei 2010. Kejadian langka di tahun 2010 kembali akan menghiasi indahnya langit. Peristiwa Langka itu berupa Gerhana Venus. Karena langka, tentu saja peristiwa Gerhana Planet Venus ini menjadi perhatian serius astronom dunia. Peristiwa Langka Gerhana Venus itu akan terjadi pada Minggu 16 Mei 2010. Di Indonesia sendiri sekitar 70 kota bisa menyaksikan kejadian Gerhana Venus.

Menurut Direktur Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat, Hakim L. Malasan, gerhana Venus itu sangat menarik. Peristiwa yang jarang terjadi itu baru akan terulang pada 2050-an mendatang.

'Mungkin ini cuma terjadi sekali seumur hidup' katanya, Jumat (14/5).


Penyebab Terjadinya Gerhana Venus adalah karena posisi bumi, bulan, dan planet Venus sejajar. Dari bumi, Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh bulan. Venus seolah-olah bergerak ke belakang bulan. Kalangan astronom menyebutnya okultasi.

Gerhana Venus, Gambar, gambar Gerhana Venus
Dari bumi, kata Hakim, bulan pada Minggu petang itu akan berbentuk sabit karena usianya baru 2 hari atau bulan baru. Di atas ujung sabit yang melengkung seperti bulan sedang tersenyum itu, Venus awalnya akan terlihat di sebelah kiri.

Setelah itu, Venus perlahan-lahan lenyap. Fenomena gerhana Venus akan berakhir setelah pukul 19.30 WIB setelah itu, planet Venus akan muncul kembali dan posisinya akan terlihat disebelah kiri bawah dari bulan.

Fenomena Gerhana Venus ini melengkapi kejadian langka di langit yang sebelumnya telah di ramaikan oleh Hujan Meteor. Ok..Jangan nyampek ketinggalan ngeliat fenomena Gerhana Venus ya..karena ini mungkin cuma terjadi sekali seumur hidup.

sumber : http://www.dedisnaini.com/2010/05/gerhana-venus-fenomena-gerhana-venus.html