ribuan artikel terunik teraneh menarik terlangka terlucu cari disini:

Inilah Monopoli Emas Bernilai Rp 18 Triliun - Ajang Turnamen Monopoli Dunia

WASHINGTON - Monopoli memang menjadi permainan menarik bagi sejumlah orang. Bahkan, seorang pecinta monopoli membuat permainan ini menjadi karya seni bernilai Rp 18 trilun.


Sosok yang berhasil menciptakan monopoli emas itu Sidney Mobell. Setiap kartu permainan, hotel-hotel dan rumahnya terbuat dari emas serta bagian-bagian lainnya dihiasi dengan batu permata. Sedangkan lubang perapian rumah dibuat dari batu rubi dan lubang perapian hotel dari batu safir.


Sidney mengaku membuat monopoli emas ini tahun 1988 saat mengikuti Turnamen Monopoli Dunia di London. 'Papan permainan dibuat dari lapisan emas 23 karat dan semua rumah-rumahan serta model untuk hotel terbuat dari 18 karat emas,' kata Sydney Mobell seperti dilansir BBC.


Menurut Sydney, diperlukan waktu satu tahun untuk membuat satu set permainan monopoli ini. Papan permainan dengan emas permata ini bukan monopoli biasa, namun sudah merupakan sebuah karya seni. Diperkirakan harga satu set monopoli emas permata ini mencapai US$ 2 miliar atau setara dengan Rp 18 triliun.

Monopoli emas bernilai Rp 18 triliun buatan Sidney Mobell


Permainan monopoli berlapis emas itu disumbangkan Sidney ke Museum Sejarah Alam Smithsonian atau Smithsonian Institution National Museum of Natural History di Washington DC. Namun, kini monopoli termahal di dunia tersebut dipinjamkan ke Museum Keuangan Amerika Wall Street.

sumber : Tribunnews.com